oleh

Lat Pra Ops Lilin Tinombala 2021, Kapolres Bangkep: “Fokus PAM Nataru dan Peningkatan Vaksinasi”

BANGGAI KEPULAUAN, MPI_Mengusung tema Melalui Bimtek Pelatihan Pra Operasi Kita Tingkatkan Profesionalisme Polri Dalam Pengamanan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 Guna Memelihara Keamanan Dalam Negeri, Polres Banggai Kepulauan (Bangkep) menggelar Latihan (Lat) Pra Ops Lilin Tinombala 2021.

Lat Pra Ops Lilin Tinombala 2021 yang berlangsung di Aula Endra Dharmalaksana MaPolres Bangkep, Desa Baka, Kecamatan Tinangkung, Kabupaten Bangkep, Selasa (21/12/2021), digelar dalam rangka pengamanan Hari Raya Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru).

Dipimpin langsung oleh Kapolres Bangkep AKBP Bambang Herkamto, S.H. didampingi Wakapolres Kompol Hamdan, S.Kom., M.Si., Lat Pra Ops Lilin Tinombala 2021 diikuti para Kabag, Kasat, Kasi, Kapolsek jajaran dan personil yang terlibat dalam Ops Lilin Tinombala 2021.

Pada kesempatan ini, Kapolres menyampaikan Ops Lilin yang digelar Polri dua tahun belakangan ini mengalami perbedaan yang sangat signifikan dari biasanya.

Dimana pelaksanaan pengamanan (PAM) Nataru dan Wisata saat ini lebih condong ke operasi kemanusiaan berhubung adanya pandemi Covid-19.

“Ops Lilin Tinombala 2021 tak hanya fokus pada PAM Nataru, namun juga pada kegiatan peningkatan vaksinasi,” ungkapnya.

Kepada para Kasatgas dalam operasi ini Kapolres menekankan untuk mempedomani, memahami tugas dan memberikan masukan tentang perkembangan aktual.

“Tetap semangat dan kompak dalam menjalankan tugas. Penampilan diri personil diperhatikan dan antisipasi setiap kerawanan yang akan terjadi,” tandasnya.

Di tempat yang sama, Kabagops Polres Bangkep Kompol R.H Datunsolang, S.Pd. dalam paparannya tentang kesiapan dan strategi Ops Lilin Tinombala 2021 menuturkan bahwa ada 355 gereja yang berada di Kabupaten Bangkep dan Banggai Laut (Balut) yang akan dijaga keamanannya.

Ia menghimbau kepada personil yang terlibat operasi untuk merangkul para tokoh-tokoh agama untuk bersama-sama menjaga keamanan.

Ditambahkan di wilayah hukum Polres Bangkep terdapat 2 buah Pos Pelayanan (Posyan) dan 7 buah Pos Pengamanan (Pospam) yang disiapkan.

“Personil yang berada di Posyan dan Pospam harus memberikan pelayanan maksimal pada masyarakat seperti halnya informasi. Dan laksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab,” tandasnya.

Selain Kabagops, Bimtek Lat Pra Ops Lilin Tinombala 2021 juga menghadirkan Kasat Intelkam IPTU Dwi Harjaka dan Kasat Lantas IPTU Budy Prasetyo, S.H. sebagai pemateri.(dewi)